Minggu, 09 Agustus 2015

Topologi Dasar dan Pengembangannya


            Topologi jaringan dalam telekomunikasi adalah suatu cara menghubungkan perangkat telekomunikasi yang satu dengan yang lainnya sehingga membentuk  jaringan.Jenis topologi yang dipilih dalam suatu jaringan memengaruhi kecepatan jaringan tersebut.Ada beberapa topologi dasar yang saya rangkum antaralain topologi BUS,topologi STAR dan topologi RING.


Topologi BUS



Topologi BUS

Topologi ini menggunakan satu segment ( panjang kabel ) backbone, yaitu yang menyambungkan semua host secara langsung. Topologi ini cocok untuk jumlah prosesor yang relatif sedikit dengan komunikasi data minimal.

Karakteristik Topologi BUS :

1.       Node-node dihubungkan secara serial sepanjang kabel dan pada kedua ujung ditutup dengan terminator
2.      Sangat sederhana dalam instalasi
3.      Sangat ekonomis dalam biaya
4.      Aket paket data saling bersimpangan pada suatu kabel
5.      Tidak diperluka HUB yang banya diperlukan adalah Tconnector pada setiap Ethernet card.
6.      Masalah yang sering terjadi adalah jika salah satu node rusak,maka jaringan keseluruhan dapat down,sehingga seluruh node tidak bisa berkomunikasi dalam jaringan tersebut.


Topologi Ring

Topologi Ring


            Topologi ring merupakan topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

Topologi ini menghubungkan satu host ke host setelah dan sebelumnya. Secara fisik jaringan ini berbentuk ring (lingkaran). 

Topologi star


Topologi Star

            Topologi star digunakan dalam jaringan yang padat,ketika endpoint dicapai langsung dari lokasi pusat,kebutuhan untuk perluasan jaringan dan membutuhkan kehandlan yang tinggi.topologi star merupakan susunan yang menggunakan lebih banyak kabel dari pada bus dan karena semua komputer dan perangkat terhubung ke central point.jadi,bila ada salah satu komputer yang mengalami kerusakan maka tidak akan mempengaruhi yang lainnya.

Topologi star menghubungkan semua kabel pada host ke satu titik utama. Titik ini biasanya menggunakan Hub atau Switch. Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.

Adapun beberapa topologi hasil pengembangan ataralain :

1.       Topologi Mesh
Topologi Mesh


2.      Topologi Extended Star

Topologi Extended Star


3.      Topologi Hierarchical
Topologi Hierarchical





Sumber : 
Suprianto(2013).Jaringan Dasar untuk SMK/MAK kelas X.Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
;